Rabu, 08 April 2015

BATU ALAM SEBAGAI BAHAN BANGUNAN

            BATU ALAM SEBAGAI BAHAN BANGUNAN
1.1.1 Penggunaan Batu Alam
Pada umumnya jenis-jenis batu alam yang paling banyak dipakai sebagai bahan bangunan adalah sebagai berikut:
1.      Batuan beku, baik batuan beku alam, maupun batuan beku luar, yang sering dipakai ialah: Granit, Andesit, Rhyolit dan Basalt.
2.      Batuan endapan, biasanya ialah: Batu Kapur, Batu Pasir, atau Tuff.
3.      Batuan Malihan ( metamorfosa ) ialah: Marmer dan Batu Sabak.

2.1.1 Batuan Beku
a.       Batuan beku Dalam
Granit merupakan batu alam yang paling banyak dipakai sebagai batu alam untuk bahan bangunan.Karena kadar kwarsanya tinggi, serta hablurnya besar-besar, maka bila batu ini dipoles akan memberikan pandangan yang menarik, batunya keras, padat, kuat tekannya antara 7700-60000 N/cm2 , dan penyerapan airnya kecil antara 0.002-0.2 %. Oleh karena itu batu ini cukup awet dalam pemakaiannya.
Batu ini cukup mahal, biasanya dipakai sebagai batu lapis,batu untuk lantai atau untuk kolom. Warnanya dari mendekati putih, sampai agak hitam.

Di Indonesia batu granit cukup langka, hanya terdapat di beberapa tempat, misalnya di Sibolga, di Palung Malaka antara lain di Riau, Bangka, Nalitung dan Kalimantan Barat. Batu granit di Indonesia  dibeberapa tampat diambil hanya di jadikan sebagai batu pecah untuk agregat.
Gambar 1.1 Batu Granit


b.      Batuan Beku Luar
Di Indonesia banyak terdapat batuan Andesit dan Basalt. Karena terdapat gunung berapi , yang berjajar dari ujung Padang sumatra, terus keselatan pulau Jawa, bali sampai NTT dan Sulawesi maka batuan tersebut dikatan melimpah. Pada umunya didapat dalam bentuk masip atau bongkahan besar atau merupakan endapan batu keras.Kuat tekannya cukup tinggi antara 6000 – 20000 N/cm2 . jenis yang agak lapuk misalnya di gunakan untuk pembangunan candi Borobudur atau Prambanan.
Jenis yang keras, pada umunya dipakai sebagai batu belah untuk pondasi. Setelah merdeka batu ini sering digunakan untuk membuat patung serta tugu. Penggalian batu ini sebagian besar dipakai sebagai batu pecah untuk agregat, baik itu untuk beton atau sebagai konstruksi jalan raya.
Gambar 2.1 Batu Andesit

3.1.1  Batuan Endapan
a.       Batu Kapur
Batu kapur banyak diusahakan sebagai unsur bangunan untuk batu tempel, pelapis lantai, atau ubin lantai. Karena warnanya yang menarik dari putih, abu-abu, merah sampai kehitaman, serta bargaris-garis, maka batu ini jika dipoles akan licin dan mengkilap.
Batu kapur sekarang ini sudah banyak diusahakan sebagai unsur bangunan untuk batu tempel, pelapis lantai atau ubin lantai. Karena warnanya yang menarik dari putih, abu-abu, merah, sampai kadang-kadang hitam, serta bergaris-garis, maka batu kapur ini jika dipoles, memberi permukaan yang licin dan mengkilap. Agak berbeda dalam strukturnya antara batu kapur dan marmer meskipun, keduanya berasal dari bahan yang sama. Marmer merupakan batu kapur yang mengalami perubahan alam, sehingga mamiliki susunan hablur yang halus sekali serta padat yang jauh mengkilap dibandingan dengan batu kapur endapan. Pemakai batu kapur  untuk unsur bangunan biasanya dicari bata yang kompak karena sifat lempung yang mudah mengembang dan menyusut sehingga mengakibatkan batu tersebut dapat pecah dengan sendirinya dalam jangka waktu yang cukup lama. Tambang yang pertama, di Tulungagung, sehingga dikenal marmer Tulungagung. Kemudia di tempat lain misalnya Jawa Barat (padalarang) dan di daerah Sukabumi, yang terkenal saat ini terdapat di Lampung.
Gambar 3.1 Batu Kapur
b.      Batu Pasir
Batu endapan ini terbentuk dari pasir yang memadat. Kekerasan dan keawetannya tergantung pada bahan perekat alam yang membantuknya. Unsur yang membentuk utamanya silikat, tetapi juga dicampur dengan butiran kapur lempung atau lainnya.warna mulai putih cream sampai tua hitam, kadar porinya sampai 30%. Biasanya digunakan sebagai batu tempel, untuk lantai kurang baik karena daya aus terhadap gaya gesekan kurang baik. Terdapat di Jawa Barat tepatnya di G. Walet Sukabumi,terdapat endapan pasir kwarsa.
Tiga pengelompokan batuan sedimen berdasarkan proses terjadinya:
·                     Batuan sedimen klastik: adalah batuana sedimen yang mempunyai susunan kimia seperti batuan asalnya.
·                     Batuan sedimen kimiawi: adalah batuan yang terjadi akibat adanya peroses kimiawi yaitu penguapan, pelarutan, dan dehidrasi. Peroses pembentukannya bisa melalui; pertama, secara langsung adalah pembeentukan dari penguapan air pada endapan yang kemudian meninggalkan mineral-mineralnya. Kedua, secara tak langsung yaitu pembentukan yang dibantu oleh reaksi biokimia saat tumbuhan dan organisme-organisme tertentu masi hidup.
·                Batuan sedimen organik: yaitu batuan sedimen yang terdapat pada peroses pengendapannya di bantu oleh organisme. Di lihat dari ukurannya batuan sedimen organik dibagai menjadi tiga, yaitu; konglomerat, batu pasir, dan batu lempung.




                                     

   Gambar 4.1 Batu konglomerat                                               Gambar 5.1 Batu Sendimen



Gambar 6.1 Batu Pasir

4.1.1  Batu Malihan
a.       Batu Marmer
Marmer  merupakan batu kapur yang mengalami malihan yang berubah karena pengaruh suhu dan tekanan di dalam bumi, sehingga memiliki butiran  yang halus merata, serta kepadatan yang tinggi. Kuat tekan lebuh dari 12000 N/cm2  , bila dipoles halus mengkilap.
Gambar 7.1 Batu Marmer

b.      Batu Sabak
Batu sabak merupakan batuan malihan dari tanah serpih yang memadat dan berlapis-lapis. Batuan ini dapat dibelah menjadi lembaran tipis sampai 3 mm.
Gambar 8.1 Batu Sabak
3.2 Mengolah Batu alam
Pengolahan batu alam dimulai degan penggalian atau penambangan yang caranya banyak tergantung dari, bentuk endapan, sifat batuan/ kekerasan batu, skala industri yang mengolah. Setelah batu yang dihasilkan dibersihkan, biasanya dilakukan pengeboran/pembelahan sehingga bongkahan batu tadi pecah, kemuian diangkat ketempat penggergajian dan pembentukkan batu sesuai dengan pola yang diinginkan.




















1 komentar:

  1. Betway App - Promo Code for $250K Deposit Bonus - JTHub
    Betway is 영천 출장안마 one of the top online sports betting options on the market, which 대전광역 출장샵 is why we found that 속초 출장샵 this bonus is on offer 계룡 출장샵 for all 김포 출장안마 new users. It's  Rating: 4.3 · ‎4 reviews

    BalasHapus